Please, Translate in Your Language..

Senin, 30 Juli 2012

Lima Alasan Dalam Berinvestasi Properti


Lima Alasan Kenapa Properti Masih Menjadi Pilihan Utama Investasi


Saat ini investasi properti masih menjadi pilihan utama masyarakat , sebab mereka masih beranggapan bahwa hal itu merupakan cara yang terbaik untuk mengembangkan uang dan relatif aman.

Alasan-alasan inilah yang secara umum menjadi pemahaman mereka terhadap ketertarikan dengan dunia properti, akan tetapi sampai hari ini memang alasan itulah yang memang masih terbukti kebenarannya, seperti :
1. Properti dalam pembiayaannya bisa menggunakan dengan uang orang lain
2. Properti bisa dikontrol oleh investor itu sendiri.
Jika kita memilih properti dalam instrumen investasi, maka kontrol bisa langsung dipegang kita sendiri.
Hal ini berbeda dengan instrumen investasi lain, yang kebanyakan masih banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor dari luar. Misal seperti dalam investasi surat-surat berharga, harga-harga dalam bursa pasar bisa naik turun dengan cepat hanya karena isu yang bersifat politis, seperti kebijakan pemerintah, keamanan negara dll.
Sedang dalam investasi properti, biarpun kadang terpengaruh juga akan tetapi perubahannya tidak serta merta seperti dalam pasar saham. Contoh, harga rumah tidak bisa berubah dalam waktu satu hari tapi butuh waktu tahunan, bahkan bisa dipastikan akan mengalami kenaikan harga seiring dengan kenaikan inflasi dan kenaikan tingkat suku bunga.


3. Harga Properti selalu naik dari tahun ke tahun
Properti adalah semacam sumber daya alam yang tidak beranak pinak, kenapa bisa begitu? Hal ini terjadi karena luas bumi dari dulu sampai sekarang tidak berubah, bahkan mungkin mengalami pergeseran sehingga luas daratannya menjadi semakin sempit. Seiring hal itu, yang terjadi tingkat pertambahan penduduk dunia semakin bertambah banyak sehingga kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat pula.

4. Tidak perlu menjualnya jika ingin mendapatkan keuntungan dari properti
Dalam pasar sekuritas, jika saham kita mengalami kenaikan yang cukup tinggi maka sangat dianjurkan kita untuk menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang signfikan. Tetapi dalam investasi properti hanya cukup menyewakan atau menjadikan tempat usaha saja jika kita ingin mendapat keuntungan.

5. Orang-orang pebisnis sukses diseluruh dunia, banyak yang berinvestasi dalam bidang properti selain bisnisnya itu sendiri.
Seperti Donald trump dari amerika, Ciputra dari indonesia, mereka kaya raya dari bisnis properti.
Bahkan pemilik makanan siap saji McDonalds, Ray Kroc, bisnis utamanya yang sebenarnya adalah properti, yaitu dengan menyewakan gerai-gerai McDonalds kepada para franchiseenya diseluruh dunia.